MAN 3 Kulon Progo Lakukan Penanaman Pohon di Perbukitan Menoreh

MAN 3 Kulon Progo Lakukan Penanaman Pohon di Perbukitan Menoreh

 

KULON PROGO (MAN3KP) – Sebagai satu wilayah di lereng Pegunungan Menoreh, Kapanewon Kalibawang termasuk kawasan rawan tanah longsor. Banyak upaya untuk mencegahnya, atara lain dengan gerakan penghijauan. Kegiatan tersebut juga diakukan warga MAN 3 Kulon Progo sebagai bentuk komitmen Sekolah Adiwiyata.

“Tempat yang kita tanami bibit pohon ini merupakan kawasan terpilih dari sekian lokasi yang kita pilih, karena menurut informasi masyarakat di sini cukup rawan tanah longsor,” ungkap Nur Ridho, Ketua Tim Adiwiyata MAN 3 Kulon Progo, Jumat (12/05/2023) lalu.

Kegiatan penanaman pohon ini melibatkan Dewan Ambalan MAN 3 Kulon Progo, Kepala Madrasah, guru dan pegawai, serta masyarakat sekitar dengan lokasi di Dusun Dlingseng, Banjaroyo, Kapanewon Kalibawang. Adapun jenis tanamannya yaitu alpukat dan sawo kecik. Bibit tanaman tersebut diantaranya sumbangan masyarakat sekitar dan Komite MAN 3 Kulon Progo.

Sementara itu Kepala MAN 3 Kulon Progo, Syaefulani menjelaskan, selain bentuk komitmen Sekolah Adiwiyata juga untuk membangun kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Madrasah memiliki peran penting dalam membentuk karakter itu. “Kepedulian itu tidak hanya terhadap masyarakat tetapi juga pada alam sektar,” jelas Syaefulani. (*Humas/fjr)

Copyright © 2019 MAN 3 KULON PROGO. Designed & Developed by jogjamediaweb